Skip to main content

Bagaimana Melindungi Mata Anda Dari Pengaruh Buruk Layar

Di Era ini orang menghabiskan begitu banyak waktu untuk melihat layar dan bukan banyak waktu di luar, sehingga sangat penting bagi orang untuk menjaga kesehatan mata mereka. Orang-orang sering beralih dari melihat layar ponsel ke layar komputer untuk bekerja dan kemudian menonton layar televisi (dan mungkin juga layar ponsel!) terutama di malam hari. 

Layar dapat merusak mata akibat penggunaan yang berkepanjangan sehingga terjadi ketegangan mata akibat penggunaan yang intens, mata kering dan iritasi karena kurang berkedip dan kerusakan retina akibat cahaya biru (yang juga dapat memengaruhi tidur Anda). Jadi, apa yang bisa dilakukan orang untuk melindungi matanya?

Batasi Penggunaan

Batasi Penggunaan

Langkah paling jelas adalah membatasi penggunaan layar Anda. Langkah ini sulit jika pekerjaan Anda melibatkan bekerja di depan komputer, tetapi bahkan mengalihkan pandangan dari layar untuk waktu yang singkat dapat membuat perbedaan besar. Banyak orang mengikuti aturan 20-20-20 , yang bisa menjadi ide cerdas, yang melibatkan mengambil jeda layar selama 20 detik setiap 20 menit dan melihat setidaknya sejauh 20 meter. Selain itu, cobalah untuk mengurangi penggunaan Anda di waktu luang dan memilih aktivitas yang tidak berhubungan dengan layar seperti membaca atau berolahraga.

Belilah Laptop/Layar Dengan Tampilan Yang Berkualitas

Ada baiknya juga membeli laptop yang memiliki layar berkualitas tinggi. Anda harus meluangkan waktu untuk meneliti laptop terbaik dalam hal tampilan karena hal ini dapat membuat perbedaan besar, terutama jika Anda menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar setiap hari. Mungkin juga laptop berkualitas akan memiliki penyesuaian kecerahan, dan Anda bahkan dapat menemukan perangkat lunak yang secara otomatis dapat mengubah kecerahan Anda tergantung pada waktu hari.

Sesuaikan Pencahayaan

Selain kecerahan layar, ada baiknya juga menyesuaikan pencahayaan di dalam ruangan jika Anda merasa tegang. Pencahayaan lembut adalah yang terbaik dan akan membantu mencegah Anda terlalu melelahkan mata saat melihat layar.

Jaga jarak

Sebaiknya jaga jarak dari layar sebanyak yang Anda bisa dan setidaknya sejauh lengan. Mata Anda akan bekerja lebih keras dan lebih cenderung menjadi tegang jika Anda duduk terlalu dekat dengan layar, dan akan membantu jika sudutnya mengarah sedikit ke bawah.

Periksakan Mata Anda

Merupakan ide yang baik untuk memeriksakan mata Anda secara teratur, tetapi terutama jika Anda menghabiskan sebagian besar hari Anda melihat layar atau Anda mulai merasakan gejala seperti sakit kepala, penglihatan ganda / kabur, mata kering, dan kehilangan fokus. 

Penting bagi orang-orang untuk menjaga kesehatan mata dengan serius dan menyadari bahaya penggunaan layar yang berkepanjangan. Di masa di mana orang sering menghabiskan sebagian besar waktunya untuk melihat beberapa jenis layar, orang perlu mengambil tindakan untuk mencegah ketegangan mata dan masalah lain yang dapat timbul dari penggunaan yang berkepanjangan. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar