Skip to main content

Keuntungan dan Kerugian Kalau Memakai Wireless Charging

Pengisian daya telepon nirkabel (tanpa kabel) telah menjadi sangat umum akhir-akhir ini. Wireless Charging adalah teknologi yang telah menempuh perjalanan panjang dalam menciptakan ekosistem yang luas dari perangkat pengisian daya nirkabel yang berbeda dan bukan hanya smartphone kita.
Meskipun manfaat pengisian daya telepon nirkabel dapat dengan mudah ditebak, namun juga memiliki sisi lain. Jadi, jika Anda berencana untuk beralih ke pengisian daya nirkabel, ada baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangannya.
Sebelum membahas lebih dalam, Anda juga harus mengetahui cara kerja pengisi daya nirkabel . Dengan meniadakan penggunaan kabel dan konektor, pengisian daya nirkabel memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan pengisi daya berkabel. Dalam 'dunia serba pintar' yang berubah cepat ini, kita membutuhkan 'pengisi daya pintar' untuk mengisi daya 'ponsel pintar' kita .

Apa Keuntungan Pengisian Telepon Nirkabel?

1. Kenyamanan

Manfaat nomor satu memiliki pengisian nirkabel adalah Anda tidak perlu berurusan lagi dengan kabel. Kabel tidak terlihat berantakan dan membuatnya lebih sederhana dengan hanya meletakkan telepon Anda di tempat pengisian.
wireless charging
Selain itu, Anda tidak perlu khawatir tentang kabel usb atau tipe c dan kebutuhan akan pengisi daya yang berbeda. Dengan pengisi daya nirkabel, Anda dapat mengisi daya semua telepon Anda secara bersamaan.

2. Integrasi

Salah satu keuntungan terbaik dari pengisi daya nirkabel tertentu adalah dapat berintegrasi dengan hampir semua ponsel, tidak peduli bentuk atau ukuran soket pengisiannya. Dan juga, ada perangkat tertentu selain smartphone yang dapat diisi dayanya menggunakan charger nirkabel.

3. Pengisian Beberapa Perangkat Sekaligus

Hari ini, kita mungkin memiliki beberapa smartphone di ruangan yang sama. Biasanya, sebagian besar ponsel cerdas memiliki pengisi daya yang sama meskipun masih ada perbedaan dalam hal ponsel Apple dan Android. Memiliki pengisi daya nirkabel memungkinkan Anda mengisi daya ponsel cerdas yang berbeda secara bersamaan.
Memiliki beberapa alat pengisian daya tidak hanya akan membantu Anda mengisi daya ponsel cerdas Anda tetapi juga perangkat seperti tablet, laptop, dll. Dengan ini, Anda dapat mengurangi jumlah kabel dan adaptor daya di rumah dan tempat kerja Anda.
Sementara dengan fitur pengisian daya terbalik, Anda akan segera dapat mengisi daya ponsel lain dengan pengisian daya di ponsel itu sendiri.

Kekurangan Pengisian Telepon Nirkabel Adalah

Meskipun wireless charging punya kelebihan, namun juga memiliki kekurangan yang harus diketahui pengguna sebelum memilihnya.

1. Kinerja

Salah satu alasan mengapa pengisian daya nirkabel tidak terintegrasi sepenuhnya adalah karena masih kurang efisien dibandingkan dengan pengisi daya dengan kabel. Ada pengisi daya nirkabel tertentu yang tidak dapat mencapai tingkat efisiensi yang sama dibandingkan dengan pengisi daya kabel, yang dapat membuat proses pengisian lebih lambat.
Terlebih lagi, panas yang dihasilkan di pengisi daya nirkabel tertentu lebih tinggi dibandingkan dengan cara pengisian konvensional.

2. Mobilitas

Meskipun pengisi daya yang nirkabel, tetapi Anda masih perlu mencolokkan stasiun pengisian ke dinding. Jadi, itu membuat stasiun pengisian tidak portabel.
Selain itu, Anda harus selalu meletakkan HP di bagian pad dan tidak dapat dipindahkan. Ini jelas menyulitkan pengoperasian telepon saat sedang diisi dayanya.

3. Kompatibilitas

Meskipun stasiun pengisian daya yang sama dapat digunakan untuk perangkat yang berbeda, ada orang yang mengalami masalah yang sama. Ada beberapa kasus di mana orang-orang dilaporkan menghadapi masalah terkait pengisian daya perangkat yang berbeda-beda.
Ada juga masalah kompatibilitas dengan beberapa ponsel cerdas yang tidak mampu untuk mengambil daya dari pembangkit listrik.
Pengisian nirkabel adalah teknologi baru dalam dunia gadget; oleh karena itu pasti akan membutuhkan waktu untuk pengembangan lebih lanjut agar benar-benar nirkabel dan juga untuk mendapatkan popularitas dengan charger kabel.
Saat ini, pengisian daya nirkabel tidak sempurna tetapi sudah ada. Banyak perusahaan mencoba mengatasi kekurangan ini untuk mempersembahkan kepada konsumen perangkat pengisian daya terbaik dari sisi mereka.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar