Skip to main content

Review Singkat iPhone 11 Pro

Ulasan dua menit

IPhone 11 Pro adalah iPhone terbaru Apple yang membuat orang bertanya  "Apa yang berubah dri iPhone lain?" Ini pertanyaan yang wajar karena hp ini terlihat sangat mirip dengan iPhone tahun lalu. 
Apple melakukan banyak upaya pada kamera belakang triple-lensanya, menawarkan trio lensa 12MP yang mengambil gambar biasa, telefoto, dan perspektif ultra-lebar baru. 
iPhone 11 Pro
Seperti beberapa iPhone terakhir, 11 Pro mampu bertahan berkat dunking dengan IP68 waterproofing.
(Kredit gambar: Masa Depan)
'Night Mode', sementara itu, mengatasi satu-satunya keluhan terbesar yang pernah kami dengar dari pengguna iPhone selama bertahun-tahun yaitu ketika foto di bar dan restoran yang remang-remang tidak terlihat baik.
Berita bagus: iPhone 11 Pro memiliki kamera dengan pencahayaan rendah terbaik yang pernah kami uji pada ponsel - ponsel apa pun. HP Apple ini mencerahkan dan mode malamnya diterapkan secara otomatis, melampaui antarmuka Samsung, Huawei dan Google.
Sebagian besar dari iPhone 11 Pro adalah tentang kamera. Kami menemukan masa pakai baterai jauh lebih baik daripada iPhone XS - kami telah menghabiskan waktu lebih sehari dengan penggunaan yang berat. Anda tidak perlu Pro Max untuk kehebatan baterainya. Penutup belakang matte-nya terlihat lebih bagus dan terasa kurang licin, meskipun tidak akan terlalu banyak jika Anda segera menempelkan casing iPhone 11 Pro.
IPhone 11 Pro 5,8 inci adalah yang bisa Anda dapatkan jika Anda menginginkan iPhone paling canggih yang mudah digunakan dengan satu tangan. Rasanya jauh lebih kecil daripada iPhone 6,5 inci 11 Pro Max dan 6,1 inci iPhone 11.
iPhone 11 Pro

Tanggal dan harga rilis iPhone 11 Pro

  • Tanggal rilis iPhone 11 Pro adalah Jumat, 20 September
  • Harga iPhone 11 Pro: mulai dari $ 999 (£ 1.049, AU $ 1.749)
IPhone 11 Pro diumumkan pada hari Senin, 12 September dan tanggal rilis resmi adalah Jumat, 20 September, sehari sebelum iOS 13 keluar untuk iPhone yang lebih tua. Ini fitur harga Pro-level, meskipun di sebagian besar wilayah, Anda akan membayar jumlah yang sama seperti yang Anda membeli iPhone XS dan iPhone X.
iPhone 11 Pro

Fleksibilitas kamera tiga lensa

Selamat datang di apa yang pada dasarnya ulasan kamera iPhone 11 Pro - kita akan berbicara banyak tentang empat kamera dan menunjukkan banyak foto dari setiap lensa.
Trifecta kamera belakangnya menawarkan perspektif yang sangat lebar, 2x diperbesar secara optikal dan mencakup semuanya, yang terakhir menjadi yang pertama untuk iPhone. Kami menemukan kamera iPhone 11 Pro yang memiliki fleksibilitas luar biasa

Mode malam

Mode malam adalah alasan terbesar untuk membeli seri iPhone 11 jika Anda menyukai fotografi malam. Ini dimasukkan ke mode foto utama Apple, bukan mode terpisah seperti yang kita lihat di Android saingan
Pengaturan eksposur lama yang diterapkan secara otomatis biasanya mendarat antara 2-5 detik tergantung pada seberapa gelapnya hal itu. Ini dapat memutar panjang bukaan hingga 30 detik jika iPhone Anda menggunakan tripod atau bersandar pada dinding. Langit malam yang kosong dapat terlihat dengan bintang-bintang dengan mode ini.
Mode malam iPhone 11 Pro seperti menyalakan lampu di tengah malam, dengan dua peringatan. Ini hanya bekerja pada kamera 12MP utama, bukan telefoto, kamera ultra-lebar atau depan, dan subjek tidak dapat bergerak dengan cepat. Ini bekerja dengan baik untuk berpose di bar yang remang-remang, tetapi tidak ketika mencoba menangkap gerakan tarian yang sakit di pesta pernikahan.
iPhone 11 Pro
(Kredit gambar: Masa Depan)

Kamera depan dan video

Sangat menarik untuk melihat sejauh mana kemajuan HDR telah berkembang ketika Anda mengambil foto dengan kamera iPhone 11 Pro yang menghadap ke depan. Ini 12MP (naik dari 7MP) dan paket banyak detail. Itu bisa lebih cerah dan kami merasa perlu untuk meredam warna-warna hangat pada saat mengedit gambar kami, tetapi secara keseluruhan, ini adalah peningkatan yang mengesankan.
Baik kamera depan dan belakang merekam video 4K pada 60fps (kami telah menunggu 4K di kamera depan untuk beberapa waktu) dan video slo-mo akhirnya datang ke kamera selfie. Tidak, 'Slofies' tidak akan mengubah hidup Anda dan sebenarnya tidak disebut di UI. Tapi kami memang bersenang-senang menguji fitur di 120fps dalam 1080p. Ketahuilah bahwa Anda bisa mendapatkan video 1080p 240pps yang jauh lebih lambat dari kamera utama.
Lebih penting daripada bingkai per detik adalah dua pahlawan tanpa tanda jasa yang membuat video terlihat dan terdengar bagus: stabilisasi video sinematik Apple membuat semuanya lancar sementara Zoom Audio bersuara di suara atau suara subjek yang jauh saat Anda memperbesar, bukan benda di pinggiran. Kami menemukan itu lebih baik daripada fitur zoom-in mic Samsung Galaxy Note 10 .

Aplikasi kamera yang didesain ulang - baik dan buruk

Apple yang baik mendesain ulang aplikasi kamera iPhone-nya, memunculkan opsi untuk mengambil foto dalam rasio aspek 16: 9 bersama dengan 4: 3 (normal) dan persegi (sebelumnya mode khusus yang selalu Anda temukan secara tidak sengaja). Ini telah membuat pengambilan foto untuk TechRadar dalam format 16: 9 jauh lebih mudah tanpa perlu memotong di pos. Awal yang bagus. 
Anda dapat menahan tombol rana dari mode foto untuk merekam video dengan cepat (mirip dengan antarmuka Instagram dan Snapchat), yang membuat transisi antara mengambil foto dan video dengan satu tangan menjadi sepotong kue. Anda masih dapat mengambil bidikan burst dengan menggeser tombol rana ke kiri atau terus merekam video dengan menggesernya ke kanan.
Semua perangkat iOS 13 memiliki alat pengeditan yang lebih baik di seluruh foto dan video, menawarkan panel kontrol untuk ketajaman, pengurangan kebisingan, definisi, dan warna. Yang terbaik dari semuanya, Live Photos akan tetap utuh setelah diedit, memberi Anda satu alasan lebih sedikit untuk membuka Adobe Lightroom.
Yang tidak sebagus
Inilah yang tidak kami sukai: tombol mode malam yang paling jelas adalah di bagian atas aplikasi dengan angka yang berfluktuasi terlihat, menunjukkan waktu pencahayaan yang lama untuk kondisi petir saat ini. Ketuk itu dan slider intensitas muncul di sepanjang bagian bawah untuk mengubah waktu pencahayaan. Ini membutuhkan latihan jempol yang cukup sehingga Anda akan untungnya memiliki iPhone 11 Pro yang lebih kecil. Ada adalah malam tombol mode sepanjang bagian bawah - kadang-kadang. Itu hanya ada ketika menu opsi ditampilkan.
Desain aplikasi kamera minimalis Apple berarti Anda harus beralih antara mode dan opsi di sepanjang bagian bawah aplikasi dengan sapuan ke atas atau ke bawah pada layar. Ini tidak intuitif karena Anda hanya dapat pergi satu arah: geser ke bawah untuk menampilkan mode, dan naik untuk opsi. Ada panah kecil di bagian atas layar untuk memberi petunjuk cara menggesek mana, tapi itu tidak terlalu jelas.
Kami juga kehilangan fitur kemudahan penggunaan yang kami sukai di ponsel Android:
  • Mampu memicu foto selfie dengan gerakan tangan terbuka.
  • Ketuk dua kali tombol tidur / bangun untuk mem-boot kamera dengan cepat. Ini adalah jalan pintas ke Apple Pay dan kami secara rutin ketinggalan foto singkat karena itu.
  • Membalik antara kamera depan dan belakang dengan sapuan riang ke atas atau ke bawah. Ini pada dasarnya memperlakukan layar sebagai tombol besar yang dapat Anda gesek alih-alih menyelipkan tombol flip kamera ke sudut kanan bawah dan memerlukan tekan presisi.
  • Bahkan dengan beberapa opsi muncul di aplikasi, Anda tidak dapat mengubah dari video 4K ke 1080p atau 30fps ke 60fps tanpa keluar dari aplikasi kamera dan menyelam beberapa menu ke dalam menu Pengaturan sistem. Mengapa?
Masih ada banyak hal baik yang akan datang. Pembaruan perangkat lunak Apple selanjutnya siap untuk memasukkan fitur 'Deep Fusion' yang mengambil sembilan eksposur dan menggabungkannya menjadi satu gambar setelah sekelompok pembelajaran mesin dan pemrosesan piksel demi piksel. Kami akan memperbarui ulasan iPhone 11 Pro kami ketika ini terjadi.
iPhone 11 Pro
(Kredit gambar: Masa Depan)

Desain

SPESIFIKASI IPHONE 11 PRO
Berat:  188g
Dimensi:  144 x 71,4 x 8.1mm
OS:  iOS 13
Ukuran layar:  5,8 inci
Resolusi:  2436 x 1125
CPU:  A13 Bionic
Storage:  64/256 / 512GB
Baterai:   4 jam lebih lama dari XS
Kamera belakang:  12MP + 12MP + 12MP
Kamera depan:  12MP
Tahan Air: 
Jack Headphone IP68 :  Tidak
IPhone 11 Pro tidak di sini untuk membuat Anda kagum dengan desain yang sangat berbeda; tampilannya hampir identik dengan iPhone XS sebelumnya dan iPhone X sebelum itu.
Namun, ada lapisan matte buram baru di bagian belakang, yang memberikan perubahan halus, namun menyenangkan dari kaca reflektif ultra-halus yang biasa kita lihat di iPhone. Kami merasa sedikit lebih mudah menggenggam ponsel dan menyembunyikan noda. Ini adalah iPhone paling tampan yang kami uji hingga saat ini.
Ini merupakan peningkatan yang akan membuat Anda berpikir dua kali untuk membutuhkan kasing iPhone, terutama jika Anda memiliki iPhone 11 Pro di Midnight Green. Itu warna baru panas tahun ini yang menunjukkan fakta bahwa Anda memang memiliki iPhone baru untuk tahun 2019. Kasing plastik Apple mungkin merupakan solusi terbaik untuk itu. Warna lain termasuk Space Grey, Silver, dan Gold, dan semua terlihat berbeda dari iPhone sebelumnya berkat hasil akhir matte.
Apakah kamera TrueDepth masih ada di sini? Iya. Apakah kamera tiga lensa belakang terlihat funky? Juga ya. Tetapi jika ini adalah iPhone pertama Anda yang hampir semua layar, tahu bahwa mudah untuk mengabaikan potongan layar takik, sebanyak kami ingin pergi, dan kami lebih suka memiliki kamera tiga lensa merusak pemandangan (bukan seburuk itu) dengan imbalan foto yang jauh lebih baik.
iPhone 11 Pro
Sangat cocok di satu tangan
(Kredit gambar: Masa Depan)

Tampilan

Bahkan dengan ukuran layar 5,8 inci yang tidak berubah, layar iPhone 11 Pro telah bekerja kembali menjadi lebih terang, dan terlihat saat melihat ponsel di luar ruangan dalam kondisi cerah. Kecerahan maksimumnya mencapai 800 nits dengan konten layar normal.
Itu dibawa ke tingkat lain saat melihat konten video HDR, dengan Apple mengklaim kecerahan maksimum 1200 nits. Dukungan kembali untuk video Dolby Vision dan HDR10 paling baik dilihat pada kecerahan 100%. Menonton film iTunes mengungkapkan detail baru sambil mempertahankan warna hitam pekat dalam adegan.
Sementara Dolby Vision dan HDR10 telah didukung sejak iPhone X, perpustakaan konten HDR telah tumbuh dalam dua tahun terakhir. Kami juga disuguhi suara Dolby Atmos di iPhone 11 Pro, yang mensimulasikan suara surround dari speaker stereo. Ini bagus untuk saat-saat langka Anda tidak menggunakan AirPod Anda .
IPhone 11 Pro Max yang lebih besar menawarkan pengalaman menonton yang lebih baik pada 6,5 ​​inci, yang juga merupakan 'layar Super Retina XDR,' tetapi ada sesuatu yang bisa dikatakan tentang iPhone 11 Pro 5,8 inci yang ramah satu tangan (kecil baru) . Kami menikmati bisa menjangkau semua sudut layar dengan mudah.
iPhone 11 Pro
Mode gelap di iOS 13 membuat aplikasi seperti Apple Music terlihat sangat berbeda
(Kredit gambar: Masa Depan)

iOS 13 dan kinerja

Kami telah membahas secara mendalam tentang fitur-fitur iOS 13 pada halaman explainer kami, dan banyak perubahan konsisten pada iPhone 11 Pro, simpan untuk fungsionalitas aplikasi kamera tambahan pada iPhone baru.
Tweak yang menonjol adalah Mode Gelap, yang membalikkan warna antarmuka untuk meredam warna putih terang dan abu-abu terang sebagai ganti warna menu hitam dan abu-abu gelap. Ini adalah alasan yang meyakinkan untuk akhirnya memutakhirkan iPhone Anda jika Anda terjebak di iPhone 5S atau iPhone 6, yang tidak akan diperbarui di luar iOS 12.4.1.
Alat pengeditan foto jauh lebih unggul, keyboard QuickPath memungkinkan Anda untuk melacak kata-kata tanpa mengangkat jari, aplikasi Pengingat telah dirombak, dan aplikasi Find My adalah kombinasi yang layak dari Find My iPhone dan Find My Friends. Semuanya sepenuhnya lebih baik, bahkan jika pengepresan keras sentuh dan sentuh 3D telah digantikan oleh pengepres panjang yang lebih umum. Anda akan terbiasa dengan hal itu.
Chipset Aion B13 Apple membuat keuntungan yang tidak mengejutkan, menawarkan kinerja yang tidak akan Anda temukan di ponsel Android. Setiap telepon baru benar-benar awal, tentu saja, tetapi kami menemukan pengeditan dan ekspor video terasa lebih cepat pada iPhone 11 Pro.
Kami memang melihat beberapa perlambatan dalam mem-boot aplikasi kamera - meskipun itu bisa menjadi masalah iOS 13 lebih dari masalah dengan kinerja A13. Skor benchmark Geekbench 5 kami memberi tahu kami bahwa itu adalah ponsel tercepat di sekitar bersama dengan iPhone 11 Pro Max, dengan skor multi-core 3.431.
iPhone 11 Pro
Hadir dengan pengisi daya 18W - jauh lebih baik daripada pengisi daya 5W lama
(Kredit gambar: Masa Depan)

Baterai

Baterai iPhone 11 Pro secara konsisten bertahan selama lebih dari satu hari selama pengujian kami, seringkali meregang hampir setengah hari, bahkan dengan penggunaan yang berat. Saat diaktifkan, mode rendah daya iOS 13 benar-benar memperpanjang usia baterai ini.
Apple mengklaim bahwa iPhone 11 Pro dapat bertahan empat jam lebih lama dari iPhone XS, dan benar saja, kami memang melihat peningkatan yang nyata dibanding ponsel 5,8 inci tahun lalu. Tetapi semakin besar ponsel, semakin besar baterai yang bisa dipasang Apple; 6,1 inci iPhone 11 dan 6,5 inci iPhone 11 Pro Max bertahan lebih lama.
Kami membuat keputusan sadar tahun lalu untuk memilih iPhone XS Max untuk daya tahan baterainya di atas iPhone XS, tapi itu bukan masalah besar di sini. Apple menghilangkan 3D Touch agar sesuai dengan baterai yang lebih besar dan tampilan baru memiliki efisiensi yang lebih tinggi, sehingga kami dapat merekomendasikan iPhone yang lebih kecil ini untuk memberi daya pada pengguna tanpa ragu-ragu.
Fakta bahwa charger 18W dan kabel light-to-USB-C termasuk dalam kotak adalah masalah besar. IPhone 11 Pro kami beralih dari 0% menjadi lebih dari 50% dalam 30 menit, sedangkan pengisi daya 5W lama, yang bertahan terlalu lama, membutuhkan waktu lama untuk mencapai titik ini. 
Kami masih berurusan dengan kecepatan pengisian nirkabel 7.5W yang lambat, dan fitur pengisian nirkabel terbalik yang dikabarkan tidak pernah berhasil sebagai cara untuk mengisi daya Apple Watch atau AirPods Anda dari bagian belakang iPhone 11 Pro. Selalu ada harapan untuk iPhone 12.

Beli jika ..

Anda menginginkan iPhone baru terbaik dalam ukuran kecil.Kami menyukai kenyataan bahwa kami dapat melingkupi iPhone 5,8 inci ini. Beranjak dari XS Max, kami merasa tangan kami sedang berlibur. Dan Anda masih mendapatkan semua kekuatan 11 Pro Max.
Anda menggunakan lensa kamera telefotoMeskipun kami penggemar berat iPhone 11 untuk pembeli sehari-hari karena harganya yang lebih murah, jika Anda akan menggunakan lensa telefoto atau sebagian ke layar OLED, fasilitas ini eksklusif untuk Pro .
Foto malam Anda tampak suram. Kamera adalah tempat Apple membuat sebagian besar kemajuan, dan mode malamnya menjadi pilihan favorit kami. Ini mencerahkan pemandangan gelap dan menerapkan efek secara otomatis.

Jangan beli jika ...

Anda tidak menyukai fotografi ponselBeberapa orang tidak terlalu banyak menggunakan kamera. Yang lain mengandalkan kamera tanpa cermin. Apple memasukkan sebagian besar pekerjaan ke dalam kamera, jadi jika Anda tidak membutuhkannya, lihat ke iPhone yang lebih lama atau tunggu.
Anda menginginkan masa pakai baterai terbaik. IPhone 11 Pro bertahan selama satu setengah hari dengan penggunaan yang berat dan, kadang-kadang, mode berdaya rendah dihidupkan. Itu fantastis, tetapi Anda masih akan menemukan daya tahan baterai yang lebih baik pada 11 Pro Max.
Anda dapat menunggu untuk iPhone 5G.Memiliki iPhone XS atau XR dan bertanya-tanya apakah Anda perlu meningkatkan? Tidak, kecuali Anda mendapat kesepakatan. XS dan XR adalah ponsel yang hebat, dan jika Anda bisa bertahan untuk itu, iPhone berikutnya siap untuk membawa perubahan besar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar