Skip to main content

Inilah Cara Membuat Ponsel Android Lama Anda Lebih Cepat

Gawai/Smartphone/Android, seperti halnya manusia yang akan menua. Dan sejujurnya, sedih melihat ponsel yang telah dibeli dengan susah payah mulai tertinggal dari segi mesin dan spesifikasi. Lag akan lebih terlihat jelas di perangkat android mid-range.
Jadi, apakah ada cara untuk mengatasi kelambatan pada ponsel yang sudah tua? Iya dan tidak. Meskipun ada beberapa metode yang telah terbukti meningkatkan kinerjanya namun tidak selalu membawa perbaikan yang berarati. Tetapi jika Anda tidak tahan dengan ponsel yang sering lambat, Anda harus mencoba trik ini.

INILAH CARA ANDA DAPAT MENINGKATKAN KINERJA SMARTPHONE ANDROID LAMA

1) RESTAR PERANGKAT ANDA 

Sesederhana kedengarannya, kadang-kadang yang dibutuhkan perangkat Anda adalah restart sederhana. Restart perangkat Anda akan mengosongkan RAM telepon dan menghapus file sementara (cache) yang dapat membantu ponsel Anda untuk meningkatkan kinerja.

2) MENGhapus aplikasi tidak terpakai

Bloatware adalah kejahatan terbesar untuk gawai murah karena mereka menggunakan RAM & Penyimpanan berharga yang memengaruhi kinerja telepon secara keseluruhan. Jadi, hapus instalasi aplikasi yang jarang Anda gunakan. Ini akan membantu membebaskan sistem Anda dan mungkin juga membantu meningkatkan kinerja umum ponsel.
Aplikasi terbaik untuk mencopot banyak aplikasi adalah Files Go oleh Google, aplikasi ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk mencopot beberapa aplikasi sekaligus, tetapi juga menyarankan aplikasi yang harus Anda copot berdasarkan frekuensi mereka digunakan.





         Beberapa aplikasi sistem tidak dapat dihapus instalasinya tetapi dapat dinonaktifkan. Baca terus untuk mengetahui cara menyingkirkan aplikasi sistem juga.

3) CLEAR CACHE

Cache  tidak lain adalah file sementara yang membantu aplikasi memuat lebih cepat. Namun, dari waktu ke waktu cache dapat menumpuk dan mengambil sejumlah besar penyimpanan ponsel Anda bahkan setelah Anda mencopot aplikasi yang terkait. Mengosongkan cache akan membebaskan memori ponsel yang berharga dan juga dapat meningkatkan kinerjanya. Buka Pengaturan> Aplikasi> Klik aplikasi pilihan Anda> Penyimpanan lalu ketuk bersihkan cache. Anda juga dapat menggunakan Files Go untuk membersihkan cache beberapa aplikasi sekaligus.

4) MENGGUNAKAN VERSI LITE dari aplikasi

Aplikasi Lite, seperti namanya, adalah versi lebih ringan dari aplikasi reguler yang melakukan tugas yang hampir sama tetapi menggunakan lebih sedikit memori dan penyimpanan. Mereka juga menggunakan lebih sedikit jaringan dan dioptimalkan untuk bekerja dengan baik dengan sumber daya yang terbatas. Uber Lite , Facebook Lite , dan Spotify Lite hanyalah beberapa contoh aplikasi populer versi Lite.
https://appinventiv.com/blog/wp-content/uploads/2018/07/Famous-Lite-Mobile-Apps.png

5) MENGURANGI KECEPATAN ANIMASI 

Anda dapat membuat perangkat Anda terasa lebih cepat dengan hanya menurunkan kecepatan animasi. Tetapi sebelum melakukannya, Anda harus mengaktifkan opsi Pengembang.
Pengaturan> Tentang telepon> Nomor pembuatan> Ketuk 7x> Opsi pengembang> Animasi jendela + Animasi transisi + Skala durasi animator> Ubah ke 0,5x.
Anda juga dapat memilih untuk benar-benar menonaktifkan animasi tetapi kami sarankan Anda menyimpannya pada 0.5x untuk pengalaman yang lebih 'lancar'.

6) GANTI PELUNCUR 

Anda mungkin menganggap ini aneh, tetapi ini sebenarnya membantu jika Anda menggunakan ponsel dengan kulit yang tebal. Beberapa OEM menggunakan peluncur intensif sumber daya melalui Android yang memberikan pengalaman fuzzy. Untuk mengatasi ini, Anda dapat mencoba Action Launcher atau Nova Launcher yang merupakan peluncur yang relatif ringan dan sangat tajam jika dibandingkan dengan beberapa peluncur khusus yang digunakan secara default oleh berbagai OEM.

7) RESET PABRIK (factory reset)

Jika tidak ada metode di atas yang berfungsi untuk Anda, Anda dapat menggunakan pengaturan ulang pabrik dari perangkat Anda. Menyetel ulang perangkat Anda membersihkan telepon dan mengembalikannya ke keadaan semula saat Anda pertama kali membelinya. Berikut ini cara mengatur ulang telepon ke pengaturan pabrik: Pengaturan> Sistem> Opsi Reset> Reset pabrik. 
Jika tidak ada langkah-langkah di atas yang berfungsi untuk Anda, Anda dapat mengunjungi pusat layanan untuk memeriksa apakah ada kerusakan pada ponsel Anda. Tetapi jika ini tidak membantu, Anda dapat menggunakan cara yang disebutkan di bawah ini. Tetapi sebelum Anda melanjutkan, pastikan Anda memiliki pengetahuan untuk mengimplementasikan langkah-langkah ini. Kami tidak menyarankan Anda untuk melakukan langkah-langkah ini jika Anda tidak mengetahui metode ini. Jika Anda tidak mengikuti langkah-langkah dengan benar, Anda mungkin akan merusak ponsel Anda dan menjadikannya tidak berguna.

8) ROM KUSTOM 

Ponsel Android terkenal karena mendapatkan pembaruan perangkat lunak yang tertunda atau tidak mendapatkannya sama sekali. Update Android merupakan bagian integral dalam menjaga telepon bebas bug dan kadang-kadang juga membantu untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi dari ponsel. Jadi, jika ponsel Anda ditinggalkan oleh OEM, Anda dapat menggunakan ROM khusus untuk ponsel Anda. Ini adalah proses yang sangat membosankan dan harus dilakukan di bawah bimbingan seseorang yang telah melakukannya sebelumnya. Kami menyarankan Anda untuk melakukan riset sambil memilih ROM dan juga pastikan untuk memeriksa catatan tempel untuk melihat apakah semua fitur berfungsi dengan baik.
CATATAN: Memasang ROM khusus pada telepon Anda dapat membatalkan garansi.

9) ROOTING 

Melakukan rooting pada perangkat Anda tidak selalu membuatnya lebih cepat tetapi akan membantu Anda menyingkirkan bloatware yang tidak dibolehkan oleh OEM Anda. Dengan me-rooting perangkat Android Anda, Anda juga dapat menggunakan aplikasi seperti Greenify dan Ram Booster untuk membuat perangkat Anda lebih efisien dan lebih cepat.
 CATATAN: Rooting ponsel Anda dapat membatalkan garansi.

10) OVERCLOCKING (SANGAT BERISIKO, TIDAK DISARANKAN)

Jika Anda benar-benar ingin meningkatkan kinerja ponsel Anda, ini adalah langkah terakhir yang bisa Anda lakukan. Overclocking berarti membuat prosesor Anda berjalan lebih cepat daripada kecepatan yang diatur oleh pabrikan ponsel Anda. Ini secara instan meningkatkan kinerja perangkat Anda, tetapi pada sisi negatifnya, meningkatkan konsumsi daya perangkat dan pelepasan panas. verclocking dapat menyebabkan kerusakan fisik pada komponen perangkat Anda. Jadi berhati-hatilah jika Anda benar-benar memutuskan untuk mencoba melakukan overclock perangkat Anda. 
CATATAN: Overclocking telepon Anda mungkin membatalkan garansi.
Jika ponsel Anda masih gagap atau ketinggalan setelah melakukan langkah-langkah di atas, langkah terakhir Anda adalah membeli perangkat baru.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar