Kamis, 28 November 2019

Cara Membuat Partisi Pemulihan/Recovery di Mac

Partisi Pemulihan pada Mac OS X Anda adalah fitur yang sangat berguna, yang membantu Anda ketika Anda perlu memecahkan masalah pada komputer Anda. Jika Anda perlu memperbaiki drive, memulihkan dari cadangan, menginstal ulang Mac OS, atau yang sejenisnya, Anda akan melihat bahwa Partisi Pemulihan sebenarnya adalah teman terbaik Anda. Meskipun ini jarang terjadi, Anda mungkin memperhatikan bahwa beberapa Mac, mungkin Mac Anda sendiri, tidak memiliki Partisi Pemulihan/Recovery Partition. Ini mungkin karena fakta bahwa Partisi Pemulihan secara tidak sengaja dihapus, atau karena drive dikloning dan Partisi Pemulihan tidak dibawa dalam proses duplikasi itu.
Masalah ini mungkin tampak menyusahkan, karena metode pemecahan masalah Anda pada dasarnya tidak ada. Pertanyaan kemudian muncul, apa yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki pemecah masalah? Faktanya adalah Anda benar-benar dapat menciptakan Partisi Pemulihan di Mac OS X Anda. Ada dua metode yang dapat Anda lakukan untuk membuat Partisi Pemulihan.
Anda memiliki opsi untuk menginstal ulang Mac OS X ke komputer Anda, meskipun pendekatan ini bisa sedikit membuat frustrasi. Ini karena untuk melakukan ini, Anda harus masuk ke Mode Pemulihan Internet atau menggunakan penginstal USB. Jika Anda tidak memiliki koneksi internet terbaik, Anda mungkin tidak memilih untuk menggunakan opsi ini.
Karena alasan inilah tutorial ini berfokus pada metode kedua, yang jauh lebih mudah menggunakan alat pihak ketiga untuk memulihkan Partisi Pemulihan di Mac Anda. Untuk memulai dan mempelajari cara membuat kembali Partisi Pemulihan dengan mudah di Mac Anda, ikuti instruksi sederhana di bawah ini.

Buat dan Kembalikan Partisi Pemulihan di Mac OS X Anda

Metode di bawah ini mungkin terlihat rumit pada awalnya, tetapi sebenarnya cukup mudah dilakukan. Untuk memulai dan mempelajari cara membuat dan memulihkan Partisi Pemulihan di Mac Anda, ikuti instruksi sederhana di bawah ini.
1. Luncurkan Mac App Store.
2. Cari dan unduh Instal Mac OS X, di bawah tab Purchases, cari yang ocok dengan versi perangkat lunak sistem yang saat ini ada di Mac Anda. Sebagai contoh, mungkin itu Instal OS X Mavericks atau Instal OS X Yosemite .
3. Navigasikan ke situs web pengembang dan unduh versi terbaru Recovery Partition CreatorIni adalah AppleScript, yang akan mengatur pembuatan dari drive Pemulihan Anda
4. Setelah aplikasi diunduh dengan benar, klik kanan pada Recovery Partition Creator.app .
5. Dari menu klik kanan yang muncul klik Open, untuk mem-bypass Gatekeeper.

6. Sekarang cukup ikuti instruksi yang muncul di layar Anda, dan pilih drive utama yang Anda ingin mengembalikan Partisi Pemulihan. Sebagian besar pengguna, biasanya memilih drive HD MacintoshIni adalah drive yang harus Anda gunakan, kecuali jika Anda menamai drive tersebut secara berbeda, atau menggunakan disk terpisah.
7. Biarkan AppleScript untuk melakukan pekerjaan yang diperlukan, dengan menunjuk ke aplikasi pemasang Mac OS X yang telah Anda unduh sebelumnya.
8. Setelah aplikasi Recovery Partition Creator selesai berjalan, yang perlu Anda lakukan hanyalah me-reboot Mac Anda, seperti yang biasanya Anda lakukan. Tekan dan tahan perintah + R untuk boot ke Mode PemulihanAnda sekarang dapat mengonfirmasi apakah Partisi Pemulihan dibuat ulang dan berfungsi dengan benar.
Sesederhana itu. Anda sudah selesai. Seperti yang Anda lihat prosesnya sangat mudah dilakukan, dan tidak membutuhkan terlalu banyak waktu. Partisi Pemulihan yang Anda buat ulang akan identik dengan yang hadir dengan versi modern Mac OS X. Anda tidak perlu khawatir, karena Anda akan memiliki akses lengkap untuk memulihkan, menguji, dan menginstal ulang Mac OS X.
Jika sejak awal Anda mengetahui bahwa Mac Anda tidak memiliki Partisi Pemulihan, sebaiknya lakukan metode di atas sesegera mungkin, daripada menunda. Seperti yang dinyatakan di awal artikel ini, Partisi Pemulihan sangat berguna dan bermanfaat untuk masalah pemecahan masalah di sistem Anda. Ini adalah fitur yang Anda ingin bekerja setiap saat di komputer Anda, jika terjadi kesalahan.
Disqus Comments